Hi This is an ugly quote. Nice to meet you. Most people won't read this. But I thank you, cause you had time to read this :)

Senin, 11 Februari 2013

Hikikomori

Diposkan oleh Syarifanura di 13.35

Suka internetan, main game, nonton tv sendirian dan seharian di kamar? Jangan-jangan kamu kena gejala dari hikikomori lagi.
WHAT THE MEANING OF hikikomori?
Kalau kamu biasa ngabisin waktu sebanyak-banyaknya di dalam kamar dan gak mau bersosialisasi, nah bisa jadi itu adalah awal mulanya dari sindrom yang disebut dengan hikikomori ini. Dalam bahasa kita, hikikomori bisa diartikan sebagai “menarik diri”. Hikikomori merupakan fenomena sosial yang terjadi di Jepang. Terminologi hikikomori pertama kali digunakan oleh Tamaki Saito, seorang psikolog yang berasal dari Jepang.  Tahu negara Jepang kan? Itu loh yang orang-orangnya pada item-item rambutnya kriwil :3 itu Afrika koplak-__- *jewer diri*
Lanjutttt...
Di Indonesia, fenomena ini sering muncul saat liburan. Right! Biasanya sih pada ngebo (tidur) mulu di kamar, ngunci pintu. Terus online seharian yang pastinya gak mandi :x
Tapi, kalau di negara maju. Seperti Jepang, bisa sampai enam bahkan lebih dari sepuluh tahun mengucilkan diri dari kehidupan atau bahasa kerennya ngamar. Bisa ngebayangin gak tuh?
Fenomena ini terjadi karena mereka sudah terlalu menggantungkan diri pada teknologi. Pesan makanan lewat delivery. Kalau butuh hiburan tinggal nyalain tv, surfing internet, atau malah main video game. Tapi sebenarnya, faktor utama perilaku hikikomori ini adalah dari faktor keluarga. Misalnya hilangnya figur seorang ayah, karena ayah terlalu sibuk. Ibu yang terlalu ngemanjain anak, karena anak tunggal. Atau malah karena ada tekanan atau pelecehan di sekolah, school bullying.
Nah kalau untuk penderita sindrom ini, kebanyakan hiki (perilaku hikikomori) adalah laki-laki, walaupun ada sih beberapa perempuan yang melakukan hikikomori. Untuk usia termudanya kira-kira antara 13-14 tahun. Mereka melakukan hikikomori selama lebih dari enam tahun. Bahkan beberapa ngurung diri di kamar hingga lebih dari lima belas tahun.
Ciri-ciri yang paling menonjol dari hiki adalah mengunci hati *ehh diri mereka di kamar tidurnya dan menolak untuk melakukan kontak dengan dunia luar. Mereka kok sayang benget sama kasur yaa, padahal aku juga loh-_- Mereka hidup kebalik sama kita: tidur sepanjang hari, bangun di malam hari dan menghabiskan seluruh malamnya dengan menonton tv atau main game (tapi aku gak kaya gini).
Mereka biasanya punya sedikit bahkan gak punya teman sama sekali. Udah ngabisin listrik, gak punya teman, terus pastinya sering gak sholat, gak banyak olahraga diem mulu di kamar, ngebo. Kebiasaan aneh ini sebenarnya akan berdampak buruk bagi kesehatannya sendiri.
Selain merugikan diri sendiri, hikikomori sebenarnya juga merugikan masyarakat. Kenapa hayo? Coba tebak. Zzzzzz *satu jam kemudian* -_____- lupakan! Nah, pada umumnya pengidap hikikomori adalah pengangguran, walaupun ada sih beberapa yang bekerja secara online. Kebanyakan berasumsi bahwa tanpa bekerja pun mereka tetap hidup dengan bergantung pada keluarga. Hal ini nih yang bikin banyak keluarga-keluarga di negara maju jatuh miskin dalam beberapa tahun aja.
Bukan cuma itu loh akibat dari hikikomori ini. Kalian pasti pernah dengar teori yang beredar di masyarakat bahwa pengangguran akan meningkatkan kriminalitas di suatu negara kan. Nah, jelas makin banyak pengangguran angka kriminalitas akan semakin meningkat.
Menurut rumor yang beredar, hikikomori bisa cepat nyebar ketika layanan akses internet sudah menjadi kebutuhan primer seseorang. Faktanya, di Indonesia banyak remaja yang suka berlebihan dalam mengakses internet. Bisa-bisa tiga sampai empat tahun kedepan bisa jadi hikikomori semua loh. Aduh, so jangan berlebihan ya.
Gak bisa dibayangin kan gimana keadaan generasi Indonesia lima tahun kedepan. Mungkin bila dalam waktu dekat ini kita gak bisa ngubah kebiasaan buruk kita, maka setelah kita lulus sekolah atau kuliah kita akan menjadi hikikomori sejati. Makanya, mulai sekarang manfaatin waktu sebaik-baiknya, Jangan sampai, masa depan kita hancur karena salah ngatur waktu. Gak lucu kan.
Dulu, semua orang mudah menggunakan waktu dengan efisien. Tapi semuanya berubah saat ditemukannya teknologi serta mesin yang membuat hidup manusia lebih mudah, atau lebih tepatnya sih lebih gak berarti ya.
So, jangan mau deh diperbudak sama teknologi, seharusnya kita yang manfaatin teknologi untuk mempermudah pekerjaan kita dan jangan suka yang berlebih-lebihan yaa. Kan enakan juga main di luar hang out bareng teman-teman daripada ngumpet dalam kamar sendirian ^_^

Sumber: MiniMagz #22nd Vol.6 (dengan sedikit perubahan)

5 komentar:

D Knight mengatakan...

Lumayan mbak Ifa. . .
hheheheh . . . :3

Syarifanura mengatakan...

hehe oke makasih :)

laras azzahra mengatakan...

bagus^_6

Syarifanura mengatakan...

makasih laras ;) baca postingan lainnya juga ya :D

Norimi Makigami mengatakan...

arigatou^^

Poskan Komentar

 

Coret Coret Ifa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea